MataKuliah.info

MataKuliah.info


KESEHATAN : Telur bagus untuk jantung

Posted: 21 Sep 2011 03:56 AM PDT

enam butir sepekan sangat disarankan oleh para ahli di Amerika Serikat. Pasalnya, asupan telur memiliki kandungan yang dapat membuat jantung menjadi sehat. Pendapat ini disampaikan ahli kesehatan Don McNamara, baru-baru ini.

Menurut McNamara, telur mengandung rendah lemak jenuh dan terdiri dari beberapa senyawa penting, seperti kolin yang dianggap baik untuk metabolisme dan perkembangan otak janin selama kehamilan. Telur juga mengandung lutein, yang dikenal bisa menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula (sejenis penyakit mata). Serta mengandung protein tinggi dan vitamin C.

McNamara menambahkan, mengonsumsi telur saat sarapan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serta mengurangi risiko makan berlebihan saat makan siang. Kadar kolesterol yang dikandung telur sama sekali tak berpengaruh di dalam darah. Jadi, kolesterol dalam makanan itu tak masuk ke dalam darah kita. Para penderita penyakit jantung pun tak perlu khawatir karena konsumsi telur tak menjadikan kadar kolesterol meningkat. (Zeenews/ULF)

STATISTIK : Kepadatan Penduduk per Km2 menurut Provinsi Population Density per Km2 by Province

Posted: 20 Sep 2011 07:17 PM PDT

Kepadatan Penduduk per Km2 menurut Provinsi
Population Density per Km2 by Province

Sumber / Source : Sensus Penduduk (1971, 1980, 1990, 2000) dan Supas 2005

Provinsi
Province
Tahun – Year
1971 1980 1990 2000 2005
00. Indonesia 62 78 95 108 116
11. Nanggroe Aceh Darussalam 36 50 66 76 78
12. Sumatera Utara 93 114 139 158 169
13. Sumatera Barat 56 79 93 99 106
14. Riau 17 23 35 52 62
15. Jambi 22 27 38 45 49
16. Sumatera Selatan 33 50 68 67 73
17. Bengkulu 24 39 60 74 78
18. Lampung 83 131 170 191 201
19. Kep. Bangka Belitung na na na 56 65
20. Kepulauan Riau na na na na na
31. DKI Jakarta 7,762 9,794 12,439 12,592 13,344
32. Jawa Barat 467 794 1,023 1,033 1,126
33. Jawa Tengah 640 780 876 959 982
34. DI Yogyakarta 785 863 914 980 1,049
35. Jawa Timur 532 609 678 726 757
36. Banten na na na 936 1,044
51. Bali 381 438 493 559 601
52. Nusa Tenggara Barat 109 135 167 199 208
53. Nusa Tenggara Timur 48 58 69 83 90
61. Kalimantan Barat 14 17 22 27 28
62. Kalimantan Tengah 5 6 9 12 12
63. Kalimantan Selatan 45 47 60 69 75
64. Kalimantan Timur 4 5 8 11 12
71. Sulawesi Utara 90 139 162 132 139
72. Sulawesi Tengah 13 20 27 35 36
73. Sulawesi Selatan 71 97 112 129 136
74. Sulawesi Tenggara 26 25 35 48 51
75. Gorontalo na na na 68 75
76. Sulawesi Barat na na na na na
81. Maluku 15 30 40 26 27
82. Maluku Utara na na na 25 29
91. Irian Jaya Barat na na na na na
92. Papua 2 3 5

proposal:pengertian proposal

Posted: 20 Sep 2011 07:14 PM PDT

pengertian proposal
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan
hal yang perlu diperhatikan dalam membuat proposal:

A. JUDUL PENELITIAN

Setelah kita membahas bagaimana cara menemukan masalah, langkah selanjutnya adalah membuat Judul Penelitian. Dalam membuat judul penelitian, beberapa hal yang harus diketahui adalah judul itu harus:

1. Komunikatif, mudah dipahami maksudnya oleh pembaca
2. Memuat variabel penelitian
3. Menjawab apa yang ingin ditingkatkan
4. Dengan cara apa/upaya apa untuk meningkatkannya.
5. Sasaran dan Lokasi tercermin dalam judul;
6. Banyak kata sekitar 15-20 kata

Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas mewakili gambaran tentang masalah yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi. Alasan pemilihan judul juga harus:

* Menarik minat
* Layak diteliti
* Bermanfaat bagi masyarakat, dll.

Contoh judul penelitian Tindakan kelas antara lain :

1. Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) Pokok Bahasan Kimia Lingkungan Melalui Pembuatan Film tentang Pencemaran Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak 1 SMK Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 (Oleh : Ardan Sirodjuddin, S.Pd.)
2. Pembelajaran Berbasis Project Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Wonosari Tahun Pelajaran 2007/2008 (Oleh : Dra. Sri Wahyuni Dwiyanti M.Pd).
3. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas III IPS SMA Negeri 1 Randublatung Pada Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005. (Oleh : Juremi)
4. Penggunaan "Dakon Elektron" Dalam meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA Kelas I Kecantikan Kulit Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2004/2005 SMK Negeri 1 Tegal (Oleh : Ibnu Hajar Dewantoro).

B. BIDANG ILMU

Tuliskan bidang ilmu (Jurusan) dari Ketua Peneliti dan kajian masalah yang diteliti. Bidang penelitian yang diteliti sebaiknya relevan dengan disiplin ilmu guru, misalnya guru matematika tidak membahas pembelajaran yang ada di pelajaran Biologi. Begitupun sebaliknya. Terkecuali penelitian yang ditekuninya masih ada hubungannya dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Contohnya pembuatan media pembelajaran.

C. PENDAHULUAN

Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Dalam pendahuluan harus dikemukakan:

1. Latar belakang masalah secara jelas dan sistematis, yang meliputi:

a. Uraian tentang kedudukan mata pelajaran dalam kurikulum (semester, mata pelajaran yang ditunjang dan mata pelajaran penunjang);

b. Gambaran umum isi mata pelajaran tsb termasuk pembagian waktunya (lampirkan Analisis Instruksional, RPP, Silabus dari mata pelajaran yang bersangkutan);

c. Metode pembelajaran yang digunakan saat ini.

2. Masalah yang dihadapi guru ditinjau dari hasil belajar yang dicapai siswa selama

proses pembelajaran.

Kriteria masalah yang dapat dibuat PTK adalah :

* Masalah di sekolah/di kelas
* Layak diteliti dan terjangkau PTK
* Perlu ada: identifikasi masalah; analisis masalah.
* Rumusan masalah: singkat; jelas; operasional.
* Bukan permasalahan individual siswa, tetapi masalah kelas;

D. PERUMUSAN MASALAH

Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi.

Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di kelas, penting dan mendesak untuk dipecahkan. Setelah didiagnosis (diidentifikasi) masalah penelitiannya, selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan akar penyebab dari masalah tersebut.

Pada perumusan masalah perlu diperhatikan :

Substansi:

Perlu mempertimbangkan bobot dan manfaat tindakan yang dipilih untuk meningkatkan dan/atau memperbaiki pembelajaran

Orisinalitas (tindakan):

Perlu mempertimbangkan belum pernah tidaknya tindakan dilakukan guru sebelumnya

Formulasi: dirumuskan dalam kalimat tanya, tidak bermakna ganda, lugas menyatakan secara eksplisit dan spesifik apa yang dipermasalahkannya, dan tindakan yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut

Teknis:

Mempertimbangkan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian, seperti kemampuan metodologi penelitian, penguasan materi ajar, teori, strategi dan metodologi pembelajaran, kemampuan menyediakan fasilitas (dana, waktu, dan tenaga).

Contoh perumusan masalah :

* Apakah pembelajaran berbasis project dapat meningkatkan prestasi belajar geografi khusus kompetensi dasar keterampilan dasar peta dan pemetaan pada siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Wonosari tahun 2007/2008 ?
* Apakah pembelajaran berbasis project dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada kompetensi dasar keterampilan dasar peta dan pemetaan kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Wonosari tahun 2007/2008 ?
* Apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas proses belajar matematika siswa SMPN 5 Jepara?
* Apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN 5 Jepara?

E. CARA PEMECAHAN MASALAH

Uraikan pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas (yang meliputi: perencanaan-tindakan-observasi/ evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus). Cara pemecahan masalah telah menunjukkan akar penyebab permasalahan dan bentuk tindakan (action) yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.

F. TINJAUAN PUSTAKA

Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikan landasan untuk menunjukkan ketepatan tentang tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Pada bagian akhir dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan tingkat keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.

G. TUJUAN PENELITIAN

Kemukakan secara singkat tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.

H. KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN

Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

I. METODE PENELITIAN

Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklis. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindah ke siklus lainnya. Jumlah siklus disyaratkan lebih dari dua siklus.

J. JADWAL PENELITIAN

Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk bar chart. Contohnya, jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan.

K. PERSONALIA PENELITIAN

Jumlah personalia penelitian maksimal 3 orang. Uraikan peran dan jumlah waktu yang digunakan dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Rincilah nama peneliti, golongan, pangkat, jabatan, dan lembaga tempat tugas, sama seperti pada Lembar Pengesahan.

Lampiran-lampiran

1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten menurut model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Bila penelitian berkolaborasi)
3. Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah dihasilkan sampai saat ini

Proposal Penelitian dibagi 4 yaitu:
1. Proposal Penelitian Pengembangan
2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
3. Proposal Penelitian Kualitatif
4. Proposal Penelitian Kuantitatif

1. Proposal Penelitian Pengembangan
Kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual. Dalam hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah.

Skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda.

Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mencari jawaban terhadap suatu permasalahan, sedangkan kegiatan pengembangan berupaya menerapkan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan.

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
Telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan atau untuk keperluan baru.

Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan, atau sebagai dasar pemecahan masalah.

3. Proposal Penelitian Kualitatif
Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.

Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.

4. Proposal Penelitian Kuantitatif
Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.

GEOLOGI : Program Studi Teknik Geologi

Posted: 20 Sep 2011 07:13 PM PDT

Program Studi Teknik Geologi
Institut Teknologi Bandung

Visi & Misi

Program Studi Geologi mempunyai tiga kegiatan utama: pendidikan, penelitian dan pelayanan publik yang menyakut ilmu kebumian.

Program Pendidikan

Geologi adalah ilmu yang mempelajari kebumian. Hal ini termasuk ilmu yang mempelajari semua jenis batuan dan pembentukan mereka baik secara fisika dan kimia, serta menafsirkan hubungan mereka dan distribusi dalam hubungan ruang dan waktu. Pengembangan pengetahuan geologi memainkan peran penting sebagai medium untuk mengembangkan dan mengakses sumber daya alam seperti mineral, energi dan air. Pada saat ini, penerapan pengetahuan di bidang teknik geologi, lingkungan, dan mitigasi bencana alam berkembang pesat.

Program Studi Geologi memiliki misi pendidikan untuk menghasilkan lulusan, yang memiliki dasar kuat pengetahuan geologi sehingga lulusan dapat dengan mudah beradaptasi dengan era globalisasi masa depan. Untuk mencapai tujuan itu, Program stdi ini menawarkan berbagai macam kursus dan pelatihan laboratorium. Di samping program-program studi reguler dan pelatihan laboratorium, Program studi ini telah melakukan studi lapangan geologi di mana siswa dilatih untuk memahami masalah geiologi pada kehidupan nyata di lapangan. Para dosen dan mahasiswa di program studi ini berpartisipasi secara aktif melibatkan diri dalam perkembangan pengetahuan geologi, khususnya di daerah yang berkaitan dengan sumber daya alam melalui interaksi dengan industri dan lembaga pemerintah lainnya.

Mahasiswa sarjana geologi harus menyelesaikan studi 8 semester, terdiri dari 138 jam kredit mata kuliah bidang termasuk studi lapangan dan 6 jam sks tesis. Untuk memperoleh gelar master di bidang geologi mahasiswa pascasarjana harus menyelesaikan studi 4 semester yang terdiri dari 30 jam kredit mata kuliah dan 6 jam kredit tesis. Siswa Doktoral harus menyelesaikan 6 semester penelitian disertasi.

Perkuliahan program studi geologi mencakup berbagai mata kuliah ilmu kebumian, misalnya: asal-usul dan evolusi bumi, bebatuan dan mineral, fosil, gunung berapi, geokimia, geofisika, teknik geologi, geologi lingkungan, dll. Semua siswa, baik mahasiswa dan pasca sarjana, diharuskan untuk menulis tesis dengan topik tertentu dalam geologi. Tesis mahasiswa mencakup berbagai topik, seperti sedimentologi, petrologi dan mineralisasi, stratigraphy, biostratigrafi, mikro dan macropaleontology, struktur geologi, tektonik, geofisika, geokimia, petroleum geologi, hidrogeologi (termasuk sumber daya dan manajemen air), teknik dan lingkungan geologi, geokomputasi dan geomodel.

Program studi geologi secara berkala melaksanakan program kursus singkat. Kursus singkat yang ditawarkan oleh studi geologi umum untuk guru-guru SMA, ilmu geologi untuk masyarakat non-ahli geologi, pengembangan geologi, geokimia minyak bumi, struktur geologi dan mineralisasi, panas bumi, urutan stratigraphy, biostratigrafi, dan lain-lain.

proposal:Contoh PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL

Posted: 20 Sep 2011 07:13 PM PDT

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 7
TANGERANG
Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.2 Tangerang
2006 / 2007
1. Latar Belakang Masalah

Belakangan ini, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi yang tengah ramai dibicarakan di masyarakat kita serta mengenai era perdagangan bebas yang akan dimulai sebentar lagi, pemerintah mencanangkan kegiatan – kegiatan pembaruan yang kelak akan berguna guna menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas.

Mewujudkan pemuda – pemudi yang dapat menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas, serta dapat menjadi wakil Indonesia dalam mengembangkan segala potensi Negara kita nantinya yang tetap berdasar pada dasar Negara kita yakni PANCASILA tentu menjadi cita –cita pemerintah yang harus segera diwujudkan dengan strategi yang efektif mengingat sedikitnya waktu yang tersisa.

Pendidikan adalah sektor yang merupakan bagian penting dari usaha pemerintah guna mewujudkan cita citanya. Adapun pemerintah segera memberdayakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi atau "KBK" guna mendapatkan hasil maksimal dari bidang pendidikan.

Berdasarkan pengamatan atas usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin mengetahui apakah sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi tersebut sudah diterapkan secara baik dan menyeluruh di segala bidang khususnya di SMA Negeri 7 Tangerang.

Dari uraian di atas, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 7 Tangerang, penulis bermaksud melakukan penelitian yang diberi judul " Studi Deskriptif Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 7 Tangerang".

2. Pembatasan dan Perumusan Masalah

Pembatasan masalah dilakukan agar permasalahan tetap berada pada lingkup yang sesuai serta selalu terarah, diperlukan beberapa pertanyaan yang membatasi masalah ini, sehingga dapat dicapai solusi yang tepat pada pokok permasalahan. Adapun pertanyaan – pertanyaan yang peneliti ajukan adalah sebagai berikut :
Apakah "KBK" sudah diterapkan dengan baik di SMA Negeri 7 Tangerang ini ?
Bagaimana pendapat semua perangkat sekolah baik tentang sistem "KBK" ini ?

3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah :

Untuk mengetahui bagaimana sistem "KBK" di SMA Negeri 7.
Untuk mengetahui tanggapan para perangkat sekolah tentang sistem "KBK" di SMA Negeri 7 Tangerang.

Manfaat dari penelitian ini adalah :

Menambah pengetahuan khusnya bagi penulis dalam hal penelitian.
Sebagai bahan rujukan atau perbandingan bagi Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Tangerang tentang "KBK" di SMA Negeri 7 Tangerang sehingga dapat melakukan tindakan tepat yang efektif bila masih terdapat kelemahan sehingga SMA Negeri 7 dapat menjadi SMA Favorit.

4. Landasan Teori

Landasan teori adalah bagian penting dalam suatu penelitian, adapun guna dari landasan teori adalah agar penelitian dapat tepat sasaran dan efektif. Adapun beberapa landasan teori disini :

a. Sekolah. Sekolah adalah tempat berkumpulnya seseorang yang ingin mendapatkan ilmu (siswa) dengan fasilitas lainnya dalam rangka membantu proses mendapatkan ilmu atau belajar.

b. Kepala Sekolah. Kepala sekolah atau Headmaster adalah seseorang yang memegang pimpinan paling tinggi dalam sekolah. Biasanya berfungsi sebagai pengatur, pengawas, maupun pengambil kebijakan dengan tujuan efektifnya kegiatan belajar mengajar yang terjadi di sekolah.

c. Guru. Guru adalah bagian dari fasilitas belajar seseorang yang ingin mendapatkan ilmu. Guru berfungsi sebagai pengajar atau media belajar dari siswa tersebut.

d. Siswa. Siswa adalah seseorang yang ingin mendapat ilmu guna digunakan atau dikembangkan dalam kehidupannya guna mencapai cita – cita hidup atau tujuan dari siswa tersebut.

5. Metodologi Penelitian

Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang. ( Idianto M, 2006: 85, 86).
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.

Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :

Menyusun proposal penelitian sosial. Penyusunan proposal dilakukan sebagai langkah awal dalam melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari menentukan topik yang dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.
Mengumpulkan data. Pengumpulan data dilaksanakan setelah proposal penelitian disetujui oleh guru pembimbing. Untuk mengumpulkan data, penulis menetukan dengan cara Kuesioner dan Wawancara.
Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek penelitian ( Idianto M, 2006: 121 )
Kuesioner adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian. ( Idianto M, 2006: )
Pengolahan Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.
Penyusunan Laporan. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.

6. Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilaksanakan dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Maret 2007.

7. Personalia Penelitian
1. Nama Lengkap : Christian Fernando NIS.04051007
2. Nama Lengkap : Ray Hidayat NIS.04051247

8. Anggaran Biaya
Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :

A. Pemasukan
Iuran Anggota :@Rp. 45.000,00 X 2 = Rp. 90.000,00
B. Pengeluaran
Penyusunan Proposal Rp. 40.000,00
Pembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner Rp. 30.000,00
Wawancara Rp. 20.000,00 +
Total pengeluaran Rp. 90.000,00

9. Daftar Pustaka
M. Widianto. Sosiologi untuk SMA jilid 1,2,3, Jakarta, 2004. Erlangga

Kesehatan : Coklat dapat melindungi terhadap kerusakan gigi

Posted: 20 Sep 2011 07:11 PM PDT

Para peneliti telah menemukan bahwa coklat dapat mencegah kerusakan terhadap gigi. Hal ini begitu berhasil dalam memerangi pembusukan bahwa para ilmuwan percaya beberapa komponen yang mungkin satu hari ditambahkan untuk obat kumur atau pasta gigi.

 

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Osaka University di Jepang menemukan bahwa bagian-bagian biji kakao, bahan utama cokelat, menggagalkan bakteri mulut dan kerusakan gigi.

Mereka menemukan bahwa biji kakao kulit – bagian luar dari kacang yang biasanya pergi ke limbah dalam produksi coklat – memiliki efek anti bakteri pada mulut dan dapat melawan secara efektif melawan plak dan agen merusak lainnya.

Pembusukan gigi terjadi ketika bakteri dalam mulut berubah menjadi asam, yang merusak di permukaan gigi dan menyebabkan karies.

Para ilmuwan Jepang menemukan coklat yang tidak terlalu berbahaya daripada banyak makanan manis yang lainnya, karena agen antibakteri pada biji kakao offset gula tingkat tinggi.

Setelah tiga bulan, penelitian ini menemukan bahwa angka dengan diet gula tinggi memiliki 14 lubang rata-rata dibandingkan dengan hanya enam rongga bagi mereka yang menerima kulit biji kakao dalam makanan mereka.

Para peneliti kini merencanakan untuk menguji temuan mereka pada manusia.

Berbicara kepada majalah New Scientist, Takashi Ooshima, dari Osaka University, mengatakan temuan mereka bisa mengarah pada pengobatan baru untuk kerusakan gigi.

“Dimungkinkan untuk menggunakan obat kumur CBH ekstrak, atau suplemen untuk sebuah pasta gigi.”

Bahkan bisa dimasukkan kembali ke cokelat untuk membuat lebih baik untuk gigi, katanya

“Mereka tentu memiliki efek tapi kebersihan mulut yang baik, daripada banyak makan cokelat, adalah cara untuk gigi sehat yang baik.”

Juru bicara British Dental Association mengatakan: “Jika memang benar bahwa cokelat tidak membantu mengurangi kerusakan gigi dan rongga yang hanya dapat menjadi hal yang baik, tetapi Anda harus ingat bahwa cokelat mengandung gula.

“Saran kami tetap sama: jika orang ingin makan permen manis dan minuman mereka harus membatasinya, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.”

TEKNIK : Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi S2 Teknik Mesin untuk Lulusan Teknik Industri di Universitas Andalas

Posted: 20 Sep 2011 07:10 PM PDT

Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi S2 Teknik Mesin untuk Lulusan Teknik Industri di Universitas Andalas

PENGUMUMAN

Kesempatan baik, mulai tahun 2011, para lulusan sarjana teknik (S.T.) bidang TEKNIK INDUSTRI yang berminat melanjutkan studi S2-nya, dapat mendaftar di Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Padang yaitu di Program Studi S2 Teknik Mesin dengan Konsentrasi REKAYASA SISTEM MANUFAKTUR.

Lulusan program studi S2 tersebut bergelar M.T. (MAGISTER TEKNIK).

Sebagai informasi, konsentrasi Prodi S2 Teknik Mesin adalah:

  1. Rekayasa Sistem Fluida-termal
  2. Rekayasa Mekanika
  3. Rekayasa Material
  4. Rekayasa Sistem Manufaktur

Info dan pendaftaran di Gedung PPs (Program Pascasarjana) Unand, Kampus Limau Manis, Padang, s.d. 14 September 2011. Tes penerimaan tanggal 15 September 2011. Perkuliahan dimulai 19 September 2011.

Padang, 8 Agustus 2011

Fakultas Teknik Universitas Andalas

 

 

Buku-buku Perkuliahan S1 Tulisan Dosen FT-Unand

Senin, 27 Juni 2011 23:05 Berita Fakultas

Buku ajar dan buku teks yang ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas yang diterbitkan pada tahun 2010. Buku-buku ini telah dipakai untuk perkuliahan jenjang S1 (sarjana) bidang Teknik. Judul-judul buku dengan masing-masing nama penulis, nama penerbit dan ISBN dapat dilihat pada tabel berikut.

 

Formulir Penilaian Portofolio UNAND AWARD 3 Tahun 2011

Sabtu, 26 Maret 2011 06:49 Berita Fakultas

Info Dewan Penyantun Universitas Andalas dari Mailing List Dosen Unand :

Formulir Penilaian Portofolio Unand Award 3 Tahun 2011 untuk Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Unand Berprestasi,

Formulir yang telah diisi lengkap diserahkan kepada Panitia di Ruang Sekretariat Senat Unand, Rektorat lantai 1, Kampus Unand Limau Manis, Padang sampai 15 April 2011.

 

Wisuda Purnabhakti Ir. Bakri Bakar

Sabtu, 26 Maret 2011 05:36 Berita Fakultas

Pada hari Minggu 27 Maret 2011, insya Allah akan diselenggarakan acara Wisuda Purnabhakti Ir. Bakri Bakar, dosen dan salah seorang pendiri Fakultas Teknik Universitas Andalas. Pada tanggal 1 April beliau memasuki masa pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Fakultas Teknik mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas sumbangsih terhadap pendirian dan pengabdian selama di Fakultas Teknik Universitas Andalas. Kami ucapkan semoga Bapak Bakri Bakar selalu sehat.

Download informasi persiapan pembukaan, proposal Fakultas Teknik, pembukaan Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Sipil serta ijin pembukaan Fakultas Teknik Universitas Andalas:

Kesehatan : Oral Seks VS Kanker Mulut

Posted: 20 Sep 2011 07:09 PM PDT

Oral Seks Penyebab Kanker

Tahukah anda bahwa aktivitas oral seks bisa menyebabkan timbulnya kanker mulut? Sebuah penelitian dari The John Hopkins University School of Medicine scientists menyebutkan bahwa aktivitas oral seks merupakan salah satu cara berpindahnya human papillomavirus (HPV) yaitu virus penyebab terjadinya kanker servik dari servik ke mulut yang bisa menyebabnya munculnya kanker mulut.

Sebuah studi juga mengemukakan jumlah penderita kanker mulut setiap tahun nya semakin bertambah selama sepuluh tahun terakhir ini, bahkan melebihi penderita kanker testis dan kanker servik itu sendiri. Rata-rata penderita tersebut adalah mereka yang berusia dibawah 45 tahun dimana aktifitas seksual mereka sedang tinggi.

Pencegahan

Meski oral seks merupakan salah satu penyebab kanker mulut namun anda tak perlu terlalu khawatir, karena resiko terjangkitnya kanker mulut melalui seks oral masih terbilang rendah yaitu 1:10.000 orang. Sebaliknya rokok masih manjadi faktor utama menyebab kanker mulut disamping alkohol. Keduanya beresiko lebih tinggi 30 kali menyebabkan kanker mulut dibanding oral seks. Namun ada baiknya anda tetap waspada, tetap setia dan tidak bergant-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual merupakan cara terbaik menghindari diri anda dari kanker mulut. Cara lainnya adalah dengan terlebih dahulu memerikasaan diri anda dan pasangan ke klinik gigi dan gusi untuk melakukan tes STD atau pengecekan kesehatan mulut untuk memastikan bahwa anda atau pasangan tidak membawa virus HPV. Hal ini terutama dilakukan bagi pasangan yang hendak menikah.

Vaksinasi

Vaksinasi juga merupakan alternatif pencegahan terjangkitnya virus HPV, namun vaksinasi HPV hanya dilakukan untuk wanita terutama wanita muda, sementara bagi pria hanya bisa melakukan vaksinasi pencegahan kanker servik melalui suntikan yang dilakukan selama 6 bulan dengan biaya yang terbilang mahal.

Riwayat Seksual Pasangan

Tidak yakin dengan riwayat seksual pasangan kadang membuat anda tetap merasa tidak aman melakukan oral seks meski hasil tes menyatakan bahwa anda berdua tidak membawa virus HPV. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda memakai pelindung atau kondom saat melakukan oral seks. Meski cara tersebut bukan cara menyenangkan bagi kehidupan seksual anda dan pasangan, namun play safe lebih baik dibanding pengobatan bukan?

Penanganan

Deteksi lebih dini terhadap kanker mulut dapat memperbesar tingkat keberhasilan pengobatan. Waspada jika terjadi luka disekitar membran mulut yang tak kunjung sembuh setelah tiga minggu, atau munculnya benjolan-benjolan kecil disekitar mulut berwarna merah dan putih. Segera hubungi dokter anda secepatnya jika anda mengalami indikasi terjangkitnya kanker pada mulut anda.

teknik:Teknik listrik

Posted: 20 Sep 2011 07:07 PM PDT

Teknik listrik atau teknik elektro (bahasa Inggris: electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.[1] Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.[1] Insinyur listrik adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik.[1] Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.[1]

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Bidang-bidang

Ada dua kegunaan utama dari kelistrikan, yaitu sebagai sarana untuk mengirimkan daya listrik dari satu tempat ke tempat lain dan sebagai sarana untuk mengirimkan informasi.[1] Secara tradisional, bidang teknik listrik dapat dibagi ke dalam tujuh area spesialisasi berikut ini: [1]

[sunting] Teknik tenaga listrik

Teknik elektromagnetik adalah cabang dari teknik listrik. Gambar menunjukkan rentang spektrum gelombang elektromagnet.

Teknik tenaga listrik memiliki sejarah yang panjang, dimulai pada tahun 1879 saat Thomas Alva Edison berhasil menciptakan lampu pijar yang dapat digunakan secara praktis.[1] Dalam waktu beberapa tahun Edison membangun sistem distribusi tenaga listrik arus searah di seputaran kota New York yang dapat menyuplai sekitar 400 lampu.[1] Pada akhir tahun 1880an distribusi arus listrik menggunakan arus bolak-balik mulai berkembang dan digunakan hingga saat ini.[1][2]

Teknik tenaga listrik adalah satu-satunya bidang yang secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain.[1] Ini adalah spesialisasi tertua dari teknik tenaga listrik.[1]

[sunting] Teknik elektromagnetik

Teknik elektromagnetik menjembatani aplikasi listrik sebagai pemindahan energi dan transfer informasi.[1] Teknik elektromagnetik berkaitan dengan interaksi antara medan magnet dan medan listrik, serta arus listrik.[1] Gambar di samping melukiskan spektrum gelombang elektromagnet yang berkisar dari gelombang frekuensi rendah hingga sinar gama.[1] Dengan adanya teknik ini dimungkinkanlah telekomunikasi radio, televisi, komunikasi satelit, radar, dan semua bentuk komunikasi nirkabel lainnya.[1]

[sunting] Teknik telekomunikasi

Teknik telekomunikasi berfokus pada rekayasa dan ilmu yang dibutuhkan untuk mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain.[1] Sistem telekomunikasi dapat memanfaatkan gelombang elektromagnetik, berbagai macam kabel listrik, atau serat optik untuk pengiriman informasi.[1] Salah satu hal penting yang dijawab oleh teknik telekomunikasi adalah bagaimana cara mengodekan informasi ke dalam sinyal listrik.[1] Perkembangan teknik telekomunikasi telah membuat banyak sistem mutakhir untuk mengodekan informasi untuk dikirmkan dan untuk menyarikan informasi dari sinyal.

[sunting] Teknik komputer

Prosesor Intel 80486 DX2 sebagai contoh sirkuit terintegrasi hasil pengembangan teknik elektronika yang digunakan oleh teknik komputer.[1]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah teknik komputer.

Teknik komputer adalah salah satu spesialisasi yang berkembang paling cepat dalam dunia teknik listrik.[1] Teknik komputer meliputi perancangan sistem perangkat keras dan program komputer.[1] Sistem komputer berkisar dari komputer besar atau disebut dengan mainframe yang digunakan dalam dunia perbankan, rekayasa, dan sains hingga komputer pribadi yang digunakan secara perorangan hingga belakangan juga digunakan secara komersial.[1]

[sunting] Teknik elektronika

Teknik elektronika adalah teknik yang berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik.[1] Dalam teknik elektronika dikenal dan digunakan berbagai komponen seperti dioda, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras.[1] Hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung oleh bidang lain seperti teknik komputer dan teknik telekomunikasi dengan sirkuit terintegrasi sebagai salah satu kemajuan terbesar yang paling dimanfaatkan.[1]

[sunting] Teknik rekayasa sistem

Rekayasa sistem memanfaatkan prinsip-prinsip matematika untuk memodelkan dan menjelaskan sistem kompleks dan memprediksi kehandalannya berdasarkan analisis teknik.[1] Berdasarkan deskripsi matematis dari sebuah permasalahan, seorang insinyur dapat meramalkan hal “bagaimana jika…” pada kondisi yang ada dan membuat solusi yang optimal.[1]

[sunting] Teknik kendali

! Artikel utama untuk kategori ini adalah teknik kendali.

Sistem kendali berkaitan dengan sistem elektronik yang dirancang untuk memberikan pengaturan cepat dan tepat terhadap suatu perintah.[1] Teknik sistem kendali sangat banyak dipelajari dalam teknik listrik.[1] Sistem kendali tidak terbatas pada sistem elektrikal melainkan hingga pengendalian sistem kimia, sistem hidrolis, dan sistem mekanik lainnya.[1]

[sunting] Referensi

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z aa ab ac ad (Inggris)Irwin, J. David; Kerns, David V., Jr. (dalam bahasa Inggris). Introduction to Electrical Engineering (edisi ke-1). Prentice Hall. hlm. 3-11. ISBN 978-0023599309.
  2. ^ (Inggris)“Nikola Tesla biography: inventor of alternating current” (dalam bahasa Inggris). Pagewise. 27 Agustus 2002.

[sunting] Pranala luar

[sembunyikan]

l • b • s

Bidang utama teknologi

Ilmu terapan
Olahraga
dan Rekreasi
Informasi
dan Komunikasi
Industri
Militer
Rumah tangga
Teknik
Kesehatan
dan Keselamatan
Transportasi

Matematika : Simulasi Ujian Nasional

Posted: 20 Sep 2011 07:04 PM PDT

Hajatan akbar yang akan diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional akan berlangsung sebentar lagi, kurang dari 2 bulan Pelaksanaan Ujian Nasional semakin mendekat.
Semua persiapan mungkin telah dilakukan siswa untuk menhadapi perhelatan tersebut, mulai dari penambahan jam pelajaran di sekolah, mengikuti bimbingan belajar, mengikuti try out, belajar kelompok, dan kegiatan lain yang mendukung terciptanya kondisi yang kondusif agar setiap siswa dapat lulus dari Ujian Nasional nanti.
Semua persiapan telah dilaksanakan, setiap detil telah diperhatikan, sekarang saatnya bagi anda mengukur tingkat kelulusan anda di Ujian Nasional nanti. Sebagaimana kita ketahui bahwa Ujian Nasional tahun ini mempunyai kriteria yang berbeda dengan tahun lalu. Perbedaan itu salah satunya terletak pada komponen lain yang dimasukkan sebagai pertimbangan terhadap Nilai Akhir yang di dapat.
Ada 3 komponen nilai yang dijadikan sebagai komponen pada perumusan Nilai Akhir pada Ujian Nasional nanti, yaitu nilai sekolah ( terdiri dari nilai rapor dan nilai ujian sekolah ) dan nilai Ujian Nasional itu sendiri dengan komposisi 60% untuk nilai Ujian Nasional dan 40% untuk nilai sekolah. Meski telah menambahkan dua komponen pada penilaian akhir, tetapi pada kenyataannya komposisi terbesar tetap ada pada nilai Ujian Nasional.
Jika kita perhatikan secara seksama Permen maupun POS yang mengatur Ujian Nasional yang menetapkan nilai kelulusan maka dapat diambil kesimpulan bahwa komposisi yang sesungguhnya dari penilaian akhir adalah sebagai berikut :
1. Nilai rapor 16%
2. Nilai Ujian Sekolah 24%
3. Nilai Ujian Nasional 60%
Dapat kita lihat bahwa Ujian Nasional masih mengambil porsi yang besar untuk kelulusan, oleh karenya masih dibutuhkan kerja keras oleh siswa agar bisa lulus pada Ujian Nanti. Meski begitu bukan berarti Ujian Nasional tetap menjadi momok bagi semua siswa, kemudahan dengan menambah komponen lain dalam kelulusan harusnya tetap menambah semangat siswa agar kelulusan Ujian Nasional bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.
Agar kita bisa mendapat gambaran bagaimana kelulusan Ujian Nasional nanti berikut hasil utak – atik saya membuat rumusan sederhana / simulasi nilai Ujian Nasional menggunakan microsoft excel tentang batas minimal nilai yang harus kita dapat pada Ujian nanti. Semoga rumusan ini bisa memberi gambaran kepada kita persiapan apa yang harus dilakukan agar kita benar – benar siap menghadapi Ujian Nasional nanti.

Incoming search terms:

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.

statistik

Arsip Blog

document.onkeydown = function (e) { if(e.which == 17){ return false;
free counters
banner angingmammiri Link